8 Tempat Wisata di Kabupaten Mempawah yang Mesti Dikunjungi


Kabupaten Mempawah adalah sebuah daerah di Provinsi Kalimantan Barat dengan pusat di Kota Mempawah. Kota Mempawah memiliki julukan sebagai Kota Bestari yang berarti bersih, sejuk, tertib, aman, ramah dan indah. Selain itu, Kota Mempawah juga di juluki sebagai Bumi Galaherang yang diambil dari nama panglima Mempawah yang gagah. Jika anda berkunjung ke Kabupaten Mempawah, tidak ada salahnya jika anda mampir untuk berkunjung ke tempat berikut ini.

1. Pantai Kijing
 
Sumber gambar: Alfiforever
Pantai kijing terletak di Kecamatan Sungai Kunyit dan terkenal dengan pohon kelapanya yang berbaris rapi. Banyaknya pohon kelapa ditepian pantai membuat suasana lebih teduh untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Deburan ombak dan hembusan angin sepoi-sepoi membaut anda menjadi lebih santai dalam mengisi waktu liburan. Di sebelah kiri Pantai Kijing anda juga bisa menaiki sebuah bukit atau bersantai dikumpulan batu-batu besar dikaki bukit. Tidak hanya bersantai menikmati pemandangan saja, tetapi banyak para pengunjung datang untuk memancing ikan.

 2. Wisata Nusantara
Sumber gambar: Wisata Nusantara

Terletak di pinngiran jalan Gusti Sulung Lelanang Mempawah membuat lokasi ini mudah dijangkau. Disebelah kiri pinggiran jalan dari arah Kota Pontianak terpampang jelas baliho Wisata Nusantara. Wahana yang ditawarkan tentunya  beranekaragam. Mulai dari kolam pemancingan, perahu bebek, kolam renang, boogey jumping, motor roda empat dan lain-lainnya. Tidak hanya itu, pihak Wisata Nusantara juga menyediakan hotel untuk para pengunjung yang ingin menginap dan meeting room untuk petemuan. 
Keindahan alam dari pemandangan lautan dan Pulau Penibung juga memberikan nilai tambah terhadap tempat wisata ini. Dikala senja tiba, banyak para pengunjung mengabadikan foto bersama sunset

3. Sebukit Rama
Sumber gambar: Kabupaten Mempawah

Sebukit Rama itulah namanya. Merupakan daerah perbukitan dengan udara yang segar dan jauh dari kebisingan. Sebukit Rama tentunya tidak terlepas dari sejarah  kerajaan Mempawah. Tidak heran, jika disini kita akan menemukan beberapa situs bersejarah seperti makam Opu Daeng Manambon, Patih Gumantar dan tokoh-tokoh agama dan kolam yang berbentuk daun teratai. Untuk sampai di makam Opu Daeng Manambon, anda harus mendaki dengan menaiki tangga. Konon, setiap pengunjung yang menghitung jumlah anak tangga secara bersama-sama hasilnya akan berbeda.

4. Istana Amantubillah 
Sumber gambar: Wikipedia

Istana Amantubillah Mempawah adalah sebuah istana pada masa kerajaan Mempawah. Nama Amantubillah berasal dari bahasa Arab yang berarti "Aku beriman pada Allah". Istana yang diidentik dengan berwarna biru muda ini terletak di Jalan Adiwijaya Kecamatan Pontianak Timur. Ketika berkunjung disini anda akan melihat peninggalan-peninggalan Kerajaan Mempawah seperti keris, singgasana kerajaan, foto-foto raja dan keluarganya, busana kebesaran, payung raja dan lain-lain.

5. Pulau Temajo
Sumber gambar: Pasir Pantai

Ingin liburan kepulau? saya rekomendasikan anda untuk memilih Pulau Temajo. Untuk kesana anda bisa menyeberang melalui dermaga Sungai Kunyit. Waktu yang dihabiskan dalam penyebrangan tidak terlalu lama, kurang lebih hanya sekitar 45 menit. Ketika sampai disana anda akan dimanjakan dengan pemndangan yang indah, air laut yang jernih, pasir putih yang halus dan menikmati sunset dikala senja tiba. Tunggu apalagi, buruan ajak keluarga, pacar dan teman-teman anda disini.

 6. Mempawah Mangrove Park
Sumber gambar: Qureta

Merupakan wisata alam dengan nuansa pohon-pohon mangrove. Mempawah Mangrove Park Ini diresmikan pada tanggal 15 Agustus 2016 dan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi akhir-akhir ini. Para pengunjung tidak hanya menikmati kesegaran alam saja, tetapi juga dapat mengakses informasi tanaman mangrove melalui rumah mangrove. Selain itu, juga disediakan kano untuk para pengunjung yang ingin menyusuri tepian hutan mangrove.

7. Jungkat Beach
Sumber gambar: Gempala
Jungkat Beach atau yang yang biasa dikenal dengan Pantai Bedenyut terletak di Desa Jungkat Kecamatan Siantan. Jarak yang ditempuh untuk berkunjung kesini dari arah Kota Pontianak tidak terlalu lama, kurang lebih 35 menit. Banyaknya pengunjung yang datang kemari adalah untuk menikmati pemandangan sunset ketika senja tiba. Selain itu, para pengunjung juga bisa menaiki perahu dan memancing.

8. Air Terjun Sambora



Bagi anda para penikmat jalan-jalan, tidak ada salahnya jika berkunjung di air terjun Sambora. Air terjun ini terletak di Bukit Raya Desa Sambora Kecamatan Toho, 57 km dari Kota Mempawah. untuk sampai di kaki bukit, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua. Didalam perjalanan, anda akan disuguhi hamparan sawah dan barisan pepohonan yang lebat. Keasrian air terjun ini masih sangat terjaga dan tentu air yang jatuh dari lereng bagian atas sangat segar. Untuk datang kesini disarankan pada musim hujan, agar air terjun yang diperoleh lebih deras.



Baca juga:
Makan Tambol: Acara Syukuran Masyarakat Mempawah
Asrinya Air Terjun Sambora di Kecamatan Toho
Festival Musik Kelontong, Budaya Mempawah di Bulan Ramadhan
Info Asrama Mahasiswa Kabupaten Mempawah
Tempat Ini Membuat Anda Seperti Berada di Salju

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Balek Kampong - Pontianak

Lirik Lagu Kote Pontianak